KULINER UNIK INDONESIA - INFORMASINYA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KULINER UNIK INDONESIA

 KULINER UNIK BUDAYA INDONESIA


Indonesia adalah Negara dengan kepulauan terbesar didunia dengan berbagai macam suku budaya, adat dan bahasa juga memiliki berbagai tempat wisata yang indah begitu pula dengan kulinrnyae bahkan ada yang terkenal sampai mancanegara seperti rendang dan nasi goreng dilain pihak Indonesia juga memeiliki kuliner unik dari berbagai daerah. Oleh sebab Informasinya.com telah mengumpulkan bebrapa daftar makanan unik yang ada di Indonesia antaralain sebagai berikut :

1. Gulai Siput

Pada dasarnya keong atau siput adalah hama bagi para petani karena penyebab masalah dalam bidang pertanian. Tapi tahukan kalian bahwa siput bisa juga di olah menjadi makanan unik yaitu menjadi gulai sifut mungkin terdengar sangat aneh pada umumnya gulai diolah dengan ayam atau daging sapi. Tapi gulai siput ini tak kalah lezatnya dengan gulai ayam makanan unik ini dapat kalian temukan di daerah tanjung pinang Provinsi kepulauan riau makanan ini cukup terkenal disana karena keunikan dan kelezatanya. 

2. Tempoyak 

Kuliner unik berikutnya adalah tompoyak. Pasti banyak penikmat durian yang tidak tahu bahwa durian bisa di olah menjadi makanan yang bernama tempoyak. Karena makanan ini hanya bisa di temukan di provinsi Sumatera Selatan, Bengkulu, lampung dan jambi tempoyak ini biasanya di olah lagi menjadi sambal dan beberapa olahan makanan lain rasanya yang khas dan cara pengolahanya yang unik menjadikan makanan ini di jual dengan harga yang cukup mahal untuk perkilonya. 

3. Botok Tawon 

Kuliner Indonesia yang satu ini cukup unik yaitu botok tawon karean di olah dari sarang tawon. Makanan ini bisa kalian temukan di kabupaten banyuwangi provinsi jawa timur tak hanya menjadi makan uni botok tawon juga memiliki manfaat untuk di konsumsi antara lain sebagai antivirus, dapat meningktkan imum, dan antioksidan bahkan kuliner botok tawon ini memiliki protein tinggi yang sangat bermafaat sekali untuk tubuh kita. Jika kalian sedang berada di daerah banyuwangi kalian bisa langsung merasakan botok tawon ini dengan menyambangi warung Bu Misnah yang terletak di desa lemahbang kulon banyuwangi dengan harga Rp. 5000,- sampai dengan Rp. 19.000,- Rupiah untuk seporsinya sungguh harga yang sangat terjangkau untuk menikmati makanan unik ini.

4. Kawok (Manado)

Bukan hanya unik makan yang satu ini termasuk makan ekstrim Indonesiayang ada di daerah manado. Kenapa termasuk ekstrim karena makanan ini bahan dasarnya dari tikus tapi tikus yang di masak disini bukan sembarang tikus. Yaitu tikus yang diburu di hutan tikus ini memiliki ciri fisik yang berbeda dengan tikus biasanya yang ada di rumah atau di got tikus ini memiliki fisik dengan warna bulu relative cerah dan bagian ekor warnanya putih. Tikus ini tidak akan membawa penyakit bila di konsumsi karena pada umumnya tikus biasanya bertempat di tempat kotor dan memakan makanan yang kotor pula tapi tikus hutan hanya mengonsumsi tumbuh – tumbuhan sangat aman untuk dikonsumsi makan unik ini biasanya di olah dengan cara di panggang atau olahan pedas. 

5. Bekasam 

Makanan yang satu ini adalah makanan olahan khas provinsi sumatera selatan yang berbahan dasar ikan, nasi dan garam mungkin terdengar normal tapi cara pengolahanya yang membuat bekasam ini masuk daftar makan unik di Indonesia karena untuk membuat bekasam ini anda harus memfermentasi ikan, nasi dan garam secara beersamaan selama beberapa hari. Barulah bekasam ini bisa di olah menjadi makanan yang lezat di hidangkan dengan nasi panas. 

6. Paniki 

Daerah Minahasa mempunyai kuliner unik khas yang disebut paniki. Apakah itu paniki? Masakan yang di masak dengan santan uniknya masakan ini bahan utamanya adalah kelelawar, walau bahan utamanya dalah kelelawar sangat aman di konsumsi karena hewan ini hanya memakan buah.. Pengolahannya dengan cara kelelawar dibakar untuk dihilangkan bulunya. Setelah itu dimasak dengan santan dicampur bumbu bawang merah, bawah putih, cabai, serai, dan bahan – bahan lainnya. 

7. Ulat sagu 

Provinsi Papua menyimpan berbagai macam keunikan, mulai dari keindahan alamnya, budaya dan tak ketinggalan kulinernya. Salah satu makan unik papua ini adalah ulat sagu yang bisa di dapat dari pohon sagu pada saat di tebang atau sudah mati yang di cari di hutan.

 8. Lawar 

Makanan unik dan ekstrem ini mirip salad. Perbedaanya adalah, lawar berbahan dasar daging babi yang di cincang ada darah segarnya dan sayur - sayuran. Beberapa orang enggan mencicipi kuliner ini. karena proses pembuatannya lawar tidak dimasak, baik digoreng ataupun direbus. Darah binatang ini tidak dimasak, melainkan langsung dicampur dalam adonan lawar. Biasanya, hidangan ini akan disajikan ketika upacara ada di Bali, atau hari-hari penting lainnya. 

Demikian daftar kuliner unik yang ada di Indonesia yang di himpun informasinya.com mungkin ada makanan unik lain yang kalian ketahui silahkan komen di komentar.

Blogsmart
Blogsmart mengupas seputaran dunia informasi bidang desain dan lainnya

Posting Komentar untuk "KULINER UNIK INDONESIA"