MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH - INFORMASINYA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH

 MANFAAT AIR PUTIH BAGI KITA

 

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

INFORMASINYA- Air adalah senyawa yang sangat penting bagi semua makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan segala bentuk kehidupan yang ada di bumi. Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan untuk keperluan minum, memasak, mandi, pelarut obat, mencuci, keperluan industry dan membersihkan rumah.
Sebagian besar organ tubuh manusi terdiri atas air seperti paru mangandung air 83% otak 73% – 75% otot, ginjal dan jantung 79% kulit 64% dan tulang pun yang kelihatannya keras punya kandungan air 31 % lantas berapa banyak air yang di butuhkan manusia setiap hari, yaitu 8 gelas sehari atau 2 liter tetapi harus menyesuaikan kondisi tubuh dengan melalui air kencing kita kalau masih berwarna berarti kurang minum air putih. Oleh karena Air putih sangat penting bagi kesehatan, karena sekitar 60 persen dari tubuh manusia adalah cairan. Bila air dalam tubuh berkurang dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa berakibat fatal untuk organ tubuh kita.

Minum air putih dapat Mencegah beberapa jenis penyakit seperti :

- Dehidrasi
- Ambeien
- Panas Dalam
- Infeksi Saluran Kemis
- Wasir
- Ginjal
- Radang Sendi

Tanda tubuh akibat kekurangan air putih

- Bau mulut
- Mudah Lelah
- Sering Sakit
- Sembelit
- Kulit Kering / Rusak
- Memicu Kebutuhan Gula Berlebih
- Jarang / Susah Buang Air Kecil

Berikut informasinya.com merangkum 6 (Enam) manfaat mengonsumsi air putih yang cukup untuk kesehatan, sebagai berikut :

1. Mencegah dehidrasi

Menjaga kebutuhnan cairan dengan minum air putih penting agar mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski terlihat ringan, pada kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani akan menyebabkan gangguan pada fungsi kejang, ginjal, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa.

2. Menjaga tekanan darah

Minum Air putih adalah cara yang sangat alami untuk menurunkan tekanan darah yang melonjak. Sehingga tubuh akan berusaha mengamankan pasokan cairan dengan menahan natrium ketika tubuh tidak minum air putih yang cukup.
Pada saat yang sama, dehidrasi akan memaksa tubuh untuk menutup beberapa kapilernya secara bertahap dan sistematis.
Ketika beberapa kapiler menutup, kondisi ini menyebabkan memberi lebih banyak tekanan pada pipa, yaitu kapiler dan arteri yang akan meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu, salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dengan memnuhi carian dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih dan tubuh selalu terdehidrasi dengan baik.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Kurangnya asupan cairan diketahui dapat mengganggu fungsi pencernaan. Karena kekurangan mengonsumsi air putih bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan, salah satunya sembelit maupun susah buang air besar (BAB) yang akan berujung penyakit wasir dan ambien. Untuk itu, informasinya.com menyarankan untuk rutin mengonsumsi air putih.

4. Menurunkan berat badan

Diketahui mengonsumsi air putih dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga metabolisme, sehingga dapat memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan membuang kotoran melalui urine, keringat, dan tinja. Pada kasus ini tentunya berdampak pada menurunnya berat badan pada tubuh kita.
Selain itu, manfaat minum air putih sebelum makan dapat memberikan efek kenyang, sehingga porsi makanan yang biasanya banyak akan berkurang karena efek kenyang dari air putih. Dengan demikian, asupan kalori dari makan ke dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan tetap terkontrol.

5. Mencegah batu ginjal

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan rutin minum air putih yang cukup dapat mencegah terbentuknya batu ginjal atau kambuhnya penyakit batu ginjal pada orang yang sebelumnya mempunyai riwayat menderita penyakit batu ginjal
Karena asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal, misalnya asam urat.

6. Memelihara kesehatan kulit

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air putih sehingga kulit dan bibir tetap terhidrasi. Selain itu, mengonsumsi air putih juga dapat menjaga serta mengembalikan kelembapan bibir dan kulit.


Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, juga sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dengan cara rutin berolahraga, istirahat yang cukup, kebutuhan waktu tidur, dan mengendalikan stres. Jika merasakan beberapa gejala kesehatan saat mengonsumsi air putih cobalah untuk berkonsultasi ke dokter sehingga dapat di diagnosa dengan benar dan penanganan yang baik. Selain itu, dokter juga dapat memberikan informasi manfaat minum air putih dapat Anda peroleh secara maksimal.

Air putih memang sangat penting bagi tubuh kita sehingga kita tidak bisa lepas dalam sehari untuk minum air putih, oleh sebab itu dari manfaatnya air putih kita harus sering meminumnya. usahakan sehari kita minum 8 gelas atau kurang lebih 2 ltr sehari agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi.

semoga arttikel diatas bermanfaat dan kita selalu sehat. terimakasih.

 

Blogsmart
Blogsmart mengupas seputaran dunia informasi bidang desain dan lainnya

Posting Komentar untuk "MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI TUBUH"