Rahasia Sehat Manfaat Daun Salam - INFORMASINYA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Sehat Manfaat Daun Salam

Rahasia Sehat Manfaat Daun Salam

Manfaat daun salam 

 
Daun Salam

Daun salam adalah tanaman yang banyak tumbuh diindonesia khususnya diwilayah pedesaan. Kebanyakan masyarakat indonesia memanfaatkan daun salam untuk bumbu masakan agar terasa lezat karena aroma yang khas ditimbulkan dari daun ini.

Daun salam juga sudah seperti bumbu dapur yang wajib ada di dapur bagi ibu-ibu rumah tangga di indonesia sehingga mudah dicari karena banyak yang menjualnya.

Tetapi banyak yang belum tahu ternyata daun salam menyimpan kandungan yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, hal ini telah terjadi dari jaman nenekmoyang kita orang indonesia.

Pada umumnya pengolahannya Daun salam bisa digunakan secara langsung, dikeringkan, ditumbuk, atau dikonsumsi secara utuh atau juga bisa dengan cara direbus dan diminum air rebusanny.

Tapi jika tidak ingin repot-repot sudah tersedia penjualanya untuk herbal daun salam yang dikemas dengan baik di onlineshop. mulai dari olahan home industri sampai dari pabrikan merk ternama yang mengolah obat herbal.

Disini kita akan mebahas informasi tentang apasih manfaat daun salam bagi kesehatan ?

Manfaat daun salam bagi kesehatan 

  1. Mengobati Penyakit Kencing Manis

Daun salam adalah tanaman obat asli indonesia sehingga disebut sebagai indonesian bay leaf  biasa dimanfaatkan oleh para leluhur untuk mengatasi penyakit kencing manis.

Dan penelitian-penelitian membuktikan bahwa daun salam ini bisa menurunkan kadar gula darah, meningkatkan aktifitas dari pada insulin artinya meningkatkan sensitifitas daripada hormon insulin dan penelitian-penelitiannya sudah sampai pada penelitian uji klinik. 

 2. Mengobati Penyakit Darah Tinggi

Kemudian ada pula informasi ramuan daun salam ini dapat mengatasi hypertensi, daun salam juga telah lama dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah.

Dan penelitian-penelitian juga membuktikan mulai dari penelitian praklinik hingga penelitian klinik, daun salam ini bisa menurunkan tekanan darah namun penelitian memang masih sampai tahap penelitian klinis observasional sehingga dibutuhkan uji-uji klinik yang lebih banyak lagi.

Tapi tidak boleh sembarangan meracik daun saram yang dikhususkan untuk pengobatan, sebab ada aturan dan cara meracik daun salam agar efektif menurunkan tekanan darah tinggi.  

  3. Meningkatkan Imunitas

Apakah daun salam dapat meningkatkan imunitas .?

Ada beberapa penelitain bahwa daun salam dapat meningkatkan imunitas ataupun respon imun daripada sel-sel imun yang alamiah atau inet atau non spesifik tetapi penelitian terkait peran daun salam terhadap imunitas masih sangat sedikit seingga perlu dikonfirmasi lagi dengan penelitan –penelitain selanjutnya.

Tak Cuma untuk pelengkap makanan. Mengkonsumsi air rebusan daun air salam bisa meningkatkan oksitosis dalam darah dan lekosit yang mengkaktifkan respon imun tubuh. 

   4. Mengobati Asam Urat

Konsumsi daun salam secara berlebih dapat meningkatkan asam urat adalah mitos, justru daun salam bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar asam urat sehingga baik juga dikonsumsi oleh orang-orang dengan asam urat yang tinggi penelitian juga menunjukan bahwa  daun salam ini memang bisa dipakai untuk orang-orang dengan gangguan asam urat atau asam urat yang tinggi tetapi memang perlu uji klinik yang lebih banyak lagi dan lebih intensif diberbagai wilayah.

   5. Mengatasi Ketombe

Fakta atau mitos daun salam bisa mengatasi masalah ketombe di rambut. ?

Jawabnya fakta

Jadi daun salam ini secara empiris sebetulnya sudah dipakai oleh nenek moyang bangsa indonesia untuk mengatasi ketombe dan kemudian ada penelitan-penelitan seperti penelitian invitro membuktikan bahwa daun salam ini bisa membunuh dari jamur penyebab ketombe atau jamur malassezia furfur namun tetap dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut lagi hingga penelitian klinik ataupun uji klinik.

kita bisa mengkonsumsi daun salam segar sebanyak 10 – 20 gram dan itu bisa kita rebus dalam 2 gelas air yang mendidih yang sudah didihkan kemudian kita rebus daun salamnya selama 15 menit atau kira-kira hingga air tersisa menjadi satu gelas lalu kita konsumsi ramuan tersebut. Bisa dikonsumsi antara 1 sampai 3 kali sehari.

Itu dia beberapa informasi tentang  Rahasia Sehat Daun Salam informasi diatas bukanlah atas dasar pengetahuan penulis tetapi dari orang yang lebih kopeten tentang dunia kesehatan.

Informasi tentang Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan diatas adalah hasil melanjutkan dari chanel @KataDokter.

Terimakasih telah mengunjungi website Informasinya
Blogsmart
Blogsmart mengupas seputaran dunia informasi bidang desain dan lainnya

Posting Komentar untuk "Rahasia Sehat Manfaat Daun Salam"