Tips Sederhana agar Tubuh Tetap Sehat - INFORMASINYA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sederhana agar Tubuh Tetap Sehat

Hal-hal kecil yang dilakukan agar tubuh tetap sehat

 
Tips Kesehatan

Kesehatan adalah pokok dari semua aktifitas kita sehingga apaila tubuh kita sehat maka semua pekerjaan dapat dilakukan dengan benar.

ada beberapa tips yang bisa di lakukan yang tidak membutuhkan biaya dalam melakukannya hanya hal-hal kecil saja yang dilakukan:

1.  Bersyukur

untuk mengawali hari sebelum mulai beraktivitas pada saat bangun tidur langsung ingatkan diri kita untuk bersyukur karena akan membangun jiwa kita untuk merasa senang dengan segala yang masih ada dalam diri dan diberikan kekuatan untuk memulai hari ini. sehingga mental yang terbangun menjadi kuat dan tidak mudah stress. oleh sebab itu hindari kesibukan ketika bangun tidur untuk melihat hp karena informasi yang pertama terekam di otak dapat mempengarui hari ini yang akan kita jalani.

2. Banyak minum air mineral

Dalam sehari kita perlu minum air sebanyak 2 liter atau sekitar delapan gelas berukuran 230 ml. karena didalam tubuh kita hampir 60-70 % nya terdiri dari air.

sedangkan menurut Kepmenkes Nomor 907 Tahun 2002v : air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. adapun rekomendasi waktu minum terbaik menurut para pakar kesehatan adalah setelah bangu tidur di pagi hari (1-2 gelas), sebelum dan setelah makan (1 gelas), sebelum dan setelah berolahraga (minum 1 gelas 30 menit sebelum berolahraga, dan cukupi cairan tubuh setelah berolahraga), sore hari 1 gelas dan sebelum tidur (1-2 gelas).

Referensi berdasarkan website halodoc.com

3Udara Bersih 

Udara yang tidak bersih bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan, seperti kanker, radang paru-paru, asma, reaksi alergi, penyakit jantung dan risiko berat badan lahir rendah pada ibu hamil. dampakya bisa dirasakan langsung maupun tidak langsung oleh kita. 

tubuh kita sendiri memproteksi terhadap udara sekitar sekiranya udara yang kita hirup tidak baik maka pernapasan kita akan bereaksi dengan batuk atau bersin. 

kwalitas udara yang baik adalah di waktu pukul 04:00 - 06:00 karena aktipitas masyarakat sudah di mulai saat pukul 6 pagi. ini dapat kita rasakan pada saat menghirup udara di jam tersebut pernapasan kita terasa segar. 

4. Olahraga kecil sambil terkena sinar matahari di pagi hari

Melakukan olah raga kecil seperti jalan, jogging ringan, push up, sit up, loncat dan tidak perlu terlalu memaksakan tubuh anda sesuaikan dengan kekuatan tubuh dan usia anda. 

Olahraga yang teratur akan mampu meningkatkan energi dan mengurangi rasa kelelahan. Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi akan lancar mengalir ke jantung dan paru-paru anda, sehingga meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan. Dengan berolahraga lebih awal di pagi hari, anda akan merasaan lebih berenergi sepanjang hari

didalam tubuh kita terdapat kolesterol yang mengandung pro vitamin D, dengan sinar matahari pagi pro vitamin D yang ada dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin D dalam tubuh kita. jika jumlah vitamin D dalam tubuh kita cukup, maka tubuh kita kuat dan tidak mudah sakit karena imun kita menjadi kuat.

5. Makan teratur

dengan makan teratur kita dapat mendapatkan energi setiap harinya dari makanan kita. selain itu denan makan yang teratur kita juga dapat mencega penyakit-penyakit masalah pencernaan misalnya seperti sakit maag. kebanyakan orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaanya sampai lupa makan akhirnya terkena maag.

makan juga harus diperhatikan asupan gizinya sehingga betulbetul cukup untuk dibutuhkan oleh tubuh. klo kita sering dengar adalah 4 sehat 5 sempurna 

6. Tidur cukup dan berkwalitas

Setelah kesibukan yang padat disiang hari tubuh kita memerlukan recovery, jadi saat kita tidur sel-sel syaraf dlam otak kita akan direcovery sehingga akan regenerasi kembali seperti semula.

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan waktu untuk tidur selama 7 - 8 jam setiap hari. Para dokter menyarankan bagi mereka yang ingin hidup sehat untuk menerapkan aturan ini pada kehidupannya. sedangkan untuk lansia kebutuhan tidur terus menurun, cukup 7 jam perhari. Demikian juga jika telah mencapai lansia yaitu 60 tahun ke atas, kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Terimakasih.

 


Blogsmart
Blogsmart mengupas seputaran dunia informasi bidang desain dan lainnya

1 komentar untuk "Tips Sederhana agar Tubuh Tetap Sehat"