CARA MENGATASI ANAK YANG BERLEBIHAN BERMAIN GAME - INFORMASINYA
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGATASI ANAK YANG BERLEBIHAN BERMAIN GAME

CARA MENGATASI ANAK YANG BERLEBIHAN BERMAIN GAME


CARA MENGATASI ANAK YANG BERLEBIHAN BERMAIN GAME

Informasinya - Terkadang kita bingung bagaimana cara mengatasi anak kita yang berlebihan bermain game, karena memang di zaman sekarang hp android sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang dan apa saja yang ada didalamnya bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak misalnyanya saja game. banyak sekali iklan-iklan yang menayangkan tentang game, yang membuat anak kita terpikat untuk memainkannya dan apabila dilarang maka anak akan marah atau menangis sehingga membuat pusing orang tua. tetapi nyatanya hal ini sudah menjadi hal yang rumlah bagi banyak orang tua sehingga pada akhirnya orang tua harus merelakan anaknya untuk tetap bermain game. yang menjadi persoalan adalah bagaimana cara menghentikan anak untuk tidak berlama-lama bermain game tersebut dan menyaring game yang sesuai dengan usianya untuk dijadikan pelajaran atau bukan sekedar game bermain saja.


Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi anak yang berlebihan bermain game:


Atur batas waktu

Orang tua harus dapat menetapkan batas waktu untuk bermain game apda anaknya, misalnya satu jam atau dua jam setiap hari. Ini akan membantu anak untuk memahami bahwa ada saat-saat lain yang harus dihabiskan dengan cara yang lain.


Tentukan game yang cocok untuk mendidik

Pilih game yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan anak seperti game edukasi, berhitung, membaca, arti kata, do'a-do'a. Jika game terlalu sulit atau terlalu mudah, anak mungkin akan merasa bosan atau frustrasi, carilah game yang dapat meningkatkan keinginan anak untuk terus bermain dan bertanya.


Berikan pilihan lain

Berikan anak pilihan lain untuk menghabiskan waktu, seperti membaca buku cerita, bermain olahraga bersama teman atau orang tua, atau menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan gurunya. Ini akan membantu anak mengembangkan minat dan kemampuan di bidang lain.


Berdiskusilah dengan anak

Diskusikan dengan anak mengapa ia sangat suka bermain game, apa yang ia sukai dari game tersebut, dan bagaimana ia merasa setelah bermain game. Ini dapat membantu orangtua untuk memahami lebih baik tentang apa yang membuat anak untuk terus bermain game.


Beri anak pengalaman interaksi sosial

Anak mungkin suka bermain game karena merasa kesepian atau tidak memiliki teman sebaya yang dekat. Beri anak kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman sebaya melalui kegiatan yang menyenangkan, seperti bermain olahraga, menyanyi, atau menari.


Beri kesibukan yang mendidik pada anak

kesibukan yang mendidik artinya orang tua memberikan les vripat pada saat jam kosong setelah anak beristirahat siang seperti les sekolah, les mengaji, les olahraga. dengan demikian akan mengarahkan pikiran anak kepada kegiatan lain yang lebih bermanfaat.


itu dia beberapa cara mengatasi anak yang berlebihan bermain game, semoga bermanfaat dan dapat memberikan ide kepada orang tua. jika da cara lain yang bisa dilakukan dan bermanfaat maka terapkanlah. semoga anak dapat mengurangi kegiatan bermain game di hp android dan yang tidak kalah pentingnya ajarkan pendidikan agama kepada anak karena agar pada saatnya anak dapat menjadi seorang yang berprilaku baik dan memiliki kekuatan mental yang kuat.


Blogsmart
Blogsmart mengupas seputaran dunia informasi bidang desain dan lainnya

Posting Komentar untuk "CARA MENGATASI ANAK YANG BERLEBIHAN BERMAIN GAME"